Blog Bukan Basa-Basi, Blog Sumber Inspirasi dan Prestasi

preview FA-Roll-up-banner_Indosat-Kopdar_80x180cm_1[4]

Jakarta – Jutaan orang di Indonesia memiliki Ponsel Pintar (Smartphone), namun kebanyakan penggunanya tidak pintar. Inilah perkataan yang dikutip dari presentasi salah seorang Blogger paling Inspiratif, Dwi Dwitagama, dalam sebuah acara bertema KOPDAR Akbar Guru Blogger Nasional Bersama Indosat yang diadakan oleh Indosat ICITY, Minggu (15/03) di Gedung Indosat, Jakarta.

Di era Cyber ini tak terhitung banyaknya informasi yang dapat kita akses setiap hari. Cukup dengan mengetik kata kunci di mesin pencari, ribuan informasi akan muncul dalam hitungan sekian detik. Namun kemudahan ini tak jarang membuat orang terlena dan tidak produktif. Bakatnya terkubur akibat tradisi copy paste dan kecanduan dengan hal-hal instan. Akibatnya bakat seseorang terbunuh akibat virus ini. Inilah yang menjadi salah satu faktor pemicu terhalangnya prestasi.

“Manusia Terbaik adalah Manusia yang Bermanfaat Buat Orang Lain. Manfaat ini bisa kita sebarkan lewat posting tulisan di blog kita ”, inilah pernyataan yang ditegaskan oleh Dwitagama, salah satu pemateri dalam acara KOPDAR Akbar Guru Blogger Nasional yang juga dihadiri oleh dua pemateri hebat lainnya yakni pakar e-Learning, Amirah Adnan dan seorang guru SD sederhana yang inspiratif, Subakri. Keduanya sepakat dengan yang disampaikan oleh Dwitagama, tak lain adalah membahas bagaimana manusia memanfaatkan blog dan bagaimana blog bermanfaat bagi manusia.

“Blog itu tidak hanya sekedar posting atau online diary, Blog is about how to meet new people, inspire others, better thinker, make some money, healthy habits, and being known“, ujar Amirah dalam presentasinya. Pakar e-Learning ini memberikan suntikan motvasi bagi seluruh audiens dari 10 komunitas blogger Indonesia yang hadir, bahwa menulis di blog mampu menjadi instrumen yang efektif untuk belajar bagi anak-anak maupun banyak orang.

Dengan demikian blog itu bukan tentang kita menulis tanpa alasan, ataupun tanpa tujuan. Blog adalah sumber refleksi diri, dan juga mampu mnejadi sumber refleksi orang lain. Subakri, seorang guru yang mengajar anak-anak SD di daerah Lereng Gunung Semeru, dengan mantap menyatakan bahwa blog dapat menjadi media bagi seorang guru untuk menyuarakan tugas guru sebagai pendidik. Melalui blog, guru dari desa ini berupaya menyuarakan ajakan “Ayo Mendidik” ke segala penjuru di wilayahnya, umumnya di seluruh Indonesia. Demonstrasinya itu terbukti dengan capaian beberapa siswanya yang meraih berbagai prestasi dari berbagai lomba yang mereka ikuti.

Acara KOPDAR Akbar Guru Nasional Blogger yang diselenggarakan Indosat ICITY ini bermisi untuk mengajak para guru, maupun anak-anak di Indonesia untuk turut aktif menulis dan berkarya di media blog demi mencerdaskan generasi Indonesia. Para pemateri yang dihadirkan pun memberikan pemantapan bahwa blog bukan merupakan jenis website yang membosankan, melainkan ladang yang menyenangkan, bermanfaat dan menguntungkan bagi siapapun yang mau menggunakannya. (Fithri Dzakiyyah H)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s