SEMINAR SYA’BANIYAH, 13 Juni 2014 “KONSEP JURU SELAMAT DALAM ISLAM DAN BIBLE” (KRISTOLOGI)

Dr. Khalid al-Walid dan Ust. Mushaddiq Marhaban
Dr. Khalid al-Walid:
Peradaban dimulai ketika manusia mengikat peristiwa dengan tulisan. Rasulullah mengatakan bahwa di antara tanda-tanda akhir zaman itu adalah bahwa suara orang di Timur itu didengarkan di Barat dalam waktu yang singkat. Nanti di akhir zaman seseorang pindah dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang sangat cepat.
Dalam al-Qur’an, Allah berfirman: “Dan telah kami tetapkan pada kitab zabur bahwa bumi ini akan kami wariskan pada hamba-hamba kami yang sholeh.” Tapi kita menyaksikan bahwa hingga sekarang sistem dunia kita belum di bawah sistem yang sholeh. Kita masih berada di bawah sistem yang sakit. Dunia sekarang dikuasai amerika, Amerika jelas bukan pemimpin yang sholeh. Kita lihat budaya kapitalis sekarang.
Untuk mencapai sistem yang sholeh ini dibutuhkan pemimpin yang luar biasa. Dalam terminology al-qur’an kita menemukan kata khalifah, wali, imam, ulil amr, al-qowwam (istilah yang terakir ini masih jadi perdebatan). Khalifah inilah yang disandang oleh manusia. Siapakah manusia itu?
Hadits Imam Mahdi 7414 Hadits di Syiah atau Sunnah dengan makna yang hampir sama.
Ada hadits yang mengatakan bahwa andai dunia tinggal sehari lagi maka kan Ku perpanjang hingga datangnya seorang lelaki yang…..
Pembicaraan yang biasa terjadi di kalangan ahlu sunnah dan syiah adalah siapa sesungguhnya Imam Mahdi?
Saya yakin dunia itu berakhir ketika seluruh rahasia dunia itu tersingkap dan tak ada lagi yang bermakna.
Fungsi mempercayai Imam Mahdi :
Memberikan rasa optimism pada kita bahwa ada sosok pemimpin yang Allah berikan untuk membimbing manusia.
Manusia ketika ada seorang pemimpin, maka manusia akan merasa dirinya kuat. Kehilangan pemimpin maka manusia lemah.
Imam Mahdi bagaikan matahari yang terus memberikan energy positif pada kehidupan manusia. Meskipun ia terhalang awan, pancarannya tak pernah berkurang?
Gagasan pemikiran Islam terbagi dalam 3 pola:
1. Gak percaya sama sekali adanya Imam Mahdi
2. Percaya tapi hanya sebagai sistem yang menggantikan sistem menjadi sistem yang lebih baik.
3. Yang percaya dalam bentuk sesosok manusia.

UST MUSHADIQ MARHABAN
Studi kristologi sering diasumsikan masyarakat sebagai perbandingan agama. Studi ini lebih tepatnya sebenarnya adalah studi kenabian atau profetisme? Berasal dari bahasa yunani..?
Banyak studi kristologi yang salah arah. Disangkanya Cuma Kristen aja dan mesti Kristen. Metode yang diambil dari kajian ini semestinya di bangun lagi. Salah satu tokoh kristologi ini yang paling hebat adalah Prof. Abdul Ahad Dawud, mantan uskup d Irak lalu memeluk Islam karena dulu disuruh mengantisipasi dakwah2 Islam dengan mngkaji ajaran2 Islam tapi beliau malah masuk Islam.
Manusia tidak bisa menghindar dari juru selamat. Juru selamat adalah kebutuhan manusia, bukan kebutuhan agama. Mustahil ada hukum tanpa hakim, maka tidak akan berjalan hukum-hukum itu.kristologi pada dasarnya memang sebelum agama, tapi sudah bertuhan (standar mendalami kristoogi).
Bagaimnapun hubungan kita dengan Tuhan itu butuh perantara. Kita tak bisa berhubungan tanpa perantara. Orang-orang yang percaya akan ini sama juga dengan orang yahudi dan Israel yang memiliki konsep yang sama.
Cara pandang kristologi tentang agama 3 tidak sama dengan cara pandang islam tentang islam atau terjadap yahudi. Messiah berasal dari kata Moscha.
Ajaran Yahudi, Kristen maupun Islam, selalu ada satu persamaan yang ia tidak bisa ditukar. Kesamaan ini terletak pada bahwa mereka akan mengakui bahwa Ibrahim as itu adalah seorang Nabi, dan juga Musa as karena keturunan dan konsekuensi dari Ibrahim as melalui Ishaq dan Ya’qub as. Studi kristologi hanya diberikan pada yang sudah meyakini Ibrahim sebagai Nabi. Ia juga harus meyakini Tuhan dan meyakini bahwa hubungan manusia dan Tuhan itu melalui perantara. Studi tentang agama Ibrahim lah yang mana juru selamat yang domainnya sudah sempit pada pembahsan kali ini. Pada puncak Ibrahim inilah kita mengenal adanya keyakinan. Ibrahim adalah fundamental dan pangkal dari studi kristologi. Ketika Ibrahim menerima perjanjian yang kekal dari Tuhan, bahwa Tuhan tidak memilih yang lain-lain selain diri-Nya?
Dalam al-Kitab disebutkan bahwa penghulu dari seluruh Nabi akan datang Mesiah dari keturunan biologis Ibrahim (yang terakhir) melalui putranya yang dikorbankan (di alkitab adalah Ishaq). Ini rumus wajib. Kristologi itu menjelaskan kesalahan tentang pendekatan agama. Selain kenabian ada lagi yang namanya kohenim (jabatan langit, ilahi, bukan melalui consensus, hampir sama dengan kenabian).
Ibrahim punya dua jabatan dan di akui di agama2 ibrani yakni sebagai nabi dan imam.
Bedanya Islam mengakui Nabi Muhammad sebagai Nabi terakhir sementara Yahudi masih menunggu Mesiah dan tidak mengakui Muhammad.
Di Kitab Mazmur (Zabur) terekam sebuah ramalan untuk masa yang akan datang “Salah satu ciri dari figure juru selamat adalah dia harus muncul di rumah Tuhan (Makkah dan Baitul Maqdis di Yerussalem) yang dianut oleh keluarga Ibrahim dan anak-anaknya Ibrahim (Ismail dan Ishaq)”. Tapi sejarah al-Kitab mencatat bahwa Yesus adalah keturunan Nazareth, bukan di Yerussalem. Sementara Rasulullah sendiri lahir di Baitullah di deket Ka’bah, langsung. Sesuai dengan ramalan (di Rumah Suci). Tapi ada sebuah anomaly, dimana Ali bin Abi Thalib dilahirkan di dalam Ka’bah sendiri, bukan disampingnya (seperti Muhammad). Dalam kristologi peristiwa ini disebut dengan Mesianik. Artinya, jika ingin mencari Mosyiah, carilah di rumah Tuhan yang dibangun oleh Dawud (di Lembah Baka). Tapi tafsiran Islam dan Kristen beda. Kalo Kristen yakin kalo Lembah Baka ini ada di Libanon di Lembah Beka (dimana Ibrahim memabngun rumah Tuhan di sana bersama anak-anaknya, gak ada bukti historis). Tapi kalo merujuk ke al-Qur’an secara spesifik bahwa nama kuno makkah adalah Bakkah, di sini ada isyarat untuk mencari figure itu, selain dari keturunan Ibrahim (yakni berujung pada kota Mekkah al-Mukarromah). Dari sinilah muncul teori bahwa Mesiah adalah Nabi Muhammad saw. Akan tetapi dalam Kristologi, Ali bin Abi Thalib adalah Mesianik, karena dalam sejarah hanya Ali bin Abi Thalib saja yang lahir di dalam Mekkah. Sementara Yahudi bilang belum datang-datang katanya. Kalo Kristen kekeuh Mesiah itu adalah Yesus.
Mesianik berasal dari kristologi yang disebut keimamahan mesianik? Kalo keluar dari situ akan keluar dari mainstream kristologi dan kembali ke shirath nabawiah yang bukan kristologi. Kristologi itu kerjanya menganalisa semua dan tak ada istilah sakral.
Di Pasal 12 di Kitab Wahyu….., mengatakan bahwa akan muncul Mesiah lagi. Digambarkan bahwa setelah Mesia sudah ada, ada 3 zaman : pre Mesianisme, Era Mesianisme, dan Pasca Mesianisme. Kitab Wahyu menggambarkan seorang Ibu yang keturunan Israel sedang mengandung, ada mahkota 12 bintang di kepalanya, naga merah yang hendak membunuh bayinya, selubung matahari, bulan di bawah kakinya. Ketika anak itu lahir, dan akan dibunuh, kemudian anak tersebut dibawa lari oleh Allah ke tahtanya. Pertanyaannya, siapakah figur yang diceritakan ini? Di Kristen gak bisa, karena Isa di bawa ke langit setelah usia 30an, ke Muhammad juga tidak bisa, ke Israel juga membingungkan. Di sinilah para Kristolog sendiri pun bingung dan tutup mata, bingung bahwa figur yang digambarkan ini siapa?
Simbolisme itu merupakan bagian dari keyakinan pada kenabian. Dalam kerangka kristologi, kenabian itu tidak pasif. Gambaran2 simbolik itu merupakan sandi2 yang unseen, ada orang2 yang terus berjuang di jalan mereka sejak dahulu hingga sekarang (invisible army).
Semua figure Nabi berujung pada Nabi Ibrahim karena ia memiliki bukti otentik historis tentang Nabi-nabi sebelumnya, apakah Nabi Nuh, Dawud, dan lain sebagainya. Apa yang dikabarkan oleh Ibrahim dan keturunannya memang berdasarkan dari sumbernya yang sudah sangat jelas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s